Jimmy Napitupulu, Satu Satunya Wasit Bersertifikat FIFA di Indonesia

Kini usianya sudah mencapai 50 tahun, bung Jimmy tak pernah lupa bagaimana panasnya pertandingan bola di atas lapangan. Pada umurnya yang ke 46, bung Jimmy memohon pamit sebagai wasit dan diijinkan untuk pensiun. Meskipun jarang terdengar namanya, Jimmy Napitupulu adalah nama yang semestinya kita ingat bersama.

Bagaimana tidak, nama Jimmy Napitupulu merupakan satu satunya nama orang Indonesia yang diakui oleh FIFA sebagai wasit bertaraf internasional. Lalu bagaimana sepak terjang Jimmy Napitupulu? Berikut biodatanya.

jimmy-napitupulu
Jimmy Napitupulu adalah putra daerah Pekanbaru yang dilahirkan pada 13 Oktober 1966. Awalnya, bung Jimmy bermain sebagai pemain sepak bola di salah satu klub di Indonesia. Hingga sekarang, Jimmy Napitupulu sering disambut di masyarakat sekitar karena dianggap sebagai pahlawan bangsa yang membawa peradilan di lapangan hijau.

Lalu apa saja prestasi beliau? Jimmy Napitupulu pernah menjadi wasit di pertandingan di banyak event populer seperti Indonesian Super League, All-Star Cup, Piala Indonesia, World Cup Qual, EAFF Tournament dan Tiger Cup.

Tak tanggung tanggung, Bung Jimmy juga tidak segan untuk memberikan kartu merah terhadap para pelanggaran kartu merah. Kini mungkin kita harus terus menunggu, hingga salah satu dari putra bangsa kita menggantikan posisi Jimmy Napitupulu sebagai wasit professional di Indonesia. Salam olahraga!