Jenis-jenis Kopi di Dunia

jenis-jenis-kopiUntuk yang suka ngopi pasti tahu jenis jenis kopi, namun buat kamu yang belum tahu? Yuk baca kalau suka kopi, entah dingin atau panas, entah kopi hitam atau kopi susu, kopi memang mnejadi salah satu pilihan minuman yang menarik. Berikut ini adalah jenis jenis kopi.

Kopi memiliki dua varietas yang paling terkenal yakni kopi robusta dan kopi Arabica. Kopi robusta atau Coffea Canephora memiliki ciri lebih banyak mengandung kafein, bisa hidup di dataran rendah, dan lebih tahan hama daripada kopi Arabica.

Untuk kopi Arabica sendiri atau Coffea Arabica memiliki ciri kafein yang lebih rendah daripada kopi robusta, bahkan hanya separuhnya. Kopi Arabica juga cenderung lebih beraroma daripada kopi Robusta. Untuk jenis kopi Arabica yang tumbuh di Indonesia adalah kopi Aceh Gayo yang berasal sesuai dengan namanya yakni Aceh. Aceh Gayo terkenal memiliki sedikit rasa pahit namun tetap dengan aroma yang kuat.

Jenis jenis kopi di dunia lainnya adalah kopi Bengal atau Benghalensis, kopi Kongo atau Coffea Congensis, kopi Liberia atau Coffea Liberian dan lain lainnya. Hanya saja produk produk kopi tersebut jarang atau bahkan langka untuk ditemukan di pasaran internasional karena memang jarang di export.

Beberapa jenis kopi yang ada di Indonesia dan diakui rasa nikmatnya adalah, Kopi Flores Bajawa, Kopi Wamena, Kopi Toraja, Kopi Kintamani, Kopi Lanang dan tentunya Kopi Luwak yang harganya sangat mahal. Bagaimana? Sudah pernah mencicipinya? Bersyukurlah hidup di tanah yang bisa menumbuhkan berbagai jenis kopi dengan mengkonsumsi kopi tersebut.