Jacob Perkins, Pelopor Kulkas Modern

Siapa  yang tidak memiliki kulkas dirumahnya? Benda elektronik satu ini adalah salah satu benda wajib yang harus ada dirumah. Berkat adanya kulkas ini, kita bisa menyimpan berbagai bahan makanan maupun makanan sehingga tidak busuk dan terbuang sia sia. Andai saja kulkas tidak pernah ditemukan, makan akan banyak sekali makanan yang terbuang hanya karena busuk. Lalu siapakah yang berjasa menemukan kulkas modern? Dia adalah Jacob Perkins.

Jacob Perkins adalah seorang ilmuan dan ahli mesin berkewarganegaraan Amerika Serikat yang mendapatkan gelarnya pada usia 21 tahun. Pria kelahiran Massachusetts pada 9 Juli 1766 inilah mempelopori kulkas modern yang digunakan hingga sekarang. Jacob Perkins mengenalkan kulkas perdananya pada tahun 1834 setelah berbagai macam penelitiannya.

jacob-perkinsNamun, pada kulkas kala itu, Perkins tidak menggunakan gas Freon melainkan menggunakan eter dan siklus tekanan uap air untuk mendinginkan air. Kala itu tujuan Perkins adalah untuk menemukan cara agar dapat mendapatkan air dingin untuk mengompres pasien, namun teknologinya berkembang hingga saat ini.

Banyak ilmuan yang juga terinspirasi dengan alat temuan Jacob Perkins ini sehingga mereka berusaha untuk menyempurnakannya seperti John Gorrie dari Amerika Serikat, Karl Von Linden dari Jerman, kemudian Raoul Piexcet dari Swiss yang bahkan mengganti eter miliki Perkins dengan sulfur. Berkat usaha pemikiran ilmuan ilmuan diatas tersebut, kita bisa menikmati dinginnya minuman segar serta segarnya makanan kita setelah masuk kedalam kulkas.