Inilah Sejarah Penemuan Kacamata

Kacamata adalah alat terpenting untuk para orang yang mengalami gangguan pada penglihatan. Seringkali untuk yang lupa membawa kacamata pasti akan terganggu aktivitasnya karena pandangannya yang kabur. Saat ini kacamata tidak saja digunakan untuk alat bantu penglihatan namun juga untuk keperluan fashion , pelindung mata, atau hiburan seperti kacamata 3D. Untuk itu mari kita bahas sejarah penemuan kacamata.

Sejarah penemuan kacamata pertama kali dimulai Nero, seorang kaisar Roma, yang kala itu berkuasa di tahun 54 hingga 68 Masehi. Nero selalu menggunakan suatu batu permata cekung saat membaca sampai menonton pertunjukan, walaupun tidak diketahui pasti apakah Nero ini memiliki masalah pada penglihatannya atau hanya untuk bergaya saja.

inilah-sejarah-penemuan-kacamataSejarah penemuan kacamata Bangsa Cinalah yang mungkin pertama kali memakai kacamata seperti kacamata yang sudah lazim digunakan saat ini. Biasanya kacamata ini terbuat dari lensa berbentuk oval yang sangat besar dan terbuat dari bahan kristal batu serta dibingkai dengan tempurung kura-kura. Supaya bisa memegang kacanya, bangsa Cina memakai dua kawat yang diberi pemberat dan dicantolkan ke telinga atau lensanya diikatkan pada topi ataupun menggunakan kaitan yang dicantolkan ke pelipis mereka.

Bagi bangsa Cina waktu itu, kacamata hanya digunakan untuk jimat keberuntungan ataupun alat untuk membuat mereka supaya terlihat lebih keren dan berwibawa jadi kadang mereka cuma mengenakan bingkai kacamata saja tanpa adanya lensa. Dan kebanyakan dipakai olah kaum bangsawan atau orang kaya di jaman itu, sebagai perwujudan identitas mereka.