Inilah Cara Ajarkan Anak Berbagi

Ketika si kecil masuk pertama ke sekolah taman kanak-kanak banyak perasaan bahagia di hati orang tua. Perasaan senang ketika tak terasa si kecil sudah besar, perasaan senang si kecil makin lucu berbaju sekolah untuk pertama kali, dan tentu perasaan senang karena si kecil akan mulai bersosialisasi bersama teman-teman barunya. Dan tentu kita akan senang saat pulang dia bercerita sudah memiliki teman baru yang baik, bermain bersama, belajar bersama dan juga berbagi bersama.

Anak yang tidak memiliki kesulitan berkomunikasi akan mudah mendapat teman yang bisa dijadikan tempat berbagi. Dia bisa saling merasakan berbagi bekal bersama temannya, atau bahkan pulang saling bertukar sepatu. Ya ini manfaatnya anak yang suka berbagi tentu dia akan cepat memiliki seorang teman. Oleh karena itu berikut ini adalah cara ajarkan anak berbagi.

inilah-cara-ajarkan-anak-berbagiCara ajarkan anak berbagi dengan berbicara pada Anak Anda

Anak yang sudah masuk taman kanak-kanak sebenarnya sudah cukup untuk bisa diajak bicara. Jadi ajaklah anak berbicara mengenai permasalahan di sekolah dan berikan solusi yang dapat disepakati bersama. Tentu gaya bicara harus disesuaikan pula dengan usia anak. Beri gambaran pada anak bahwa berbagi dapat memudahkannya untuk memiliki banyak teman, dan juga beri gambaran juga betapa indahnya bila dia memiliki banyak teman.

Cara ajarkan anak berbagi dengan tidak Menghukum Anak Karena Dia Pelit

Hukuman malah justru akan memicu rasa benci pada anak daripada menjadikan anak bermurah hati. Disarankan pula untuk memberi dorongan positif dibanding hanya sekedar teguran ataupun hukuman. Terus beri dorongan positif supaya anak mau berbagi, dan saat dia berbagi, jangan lupa juga beri dia pujian.