Inilah Alasan Asus Memakai Prosesor Intel

Seri smartphone dari Asus, Zenfone, dimotori oleh prosesor Intel yang mempunyai dua buah inti prosesor (CPU). Meski terbilang lebih sedikit jika dibandingkan prosesor produsen lain yang dapat mengusung jumlah inti sampai 8 buah, Asus berani mengklaim kinerja Zenfone prosesor Intel yang digunakannya akan lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

Banyak yang sering salah paham memandang jumlah core yang semakin banyak akan semakin baik, padahal hal yang paling penting adalah kualitas arsitekturnya, termasuk untuk scenario penggunaan multitasking. Itulah sebabnya core Cyclone di prosesor Apple A7 hanya ada dua buah. Jadi itu bisa jadi alasan pertama Zenfone prosesor Intel dimunculkan Asus.

Untuk membuktikan hal itu, hasil benchmark yang mana prosesor dual-core Intel Atom dari Zenfone bisa mengalahkan dua prosesor dengan quad-core Snapdragon 600 serta Exynos 5 Octa 5410 (4+4 core).

Di samping menggunakan core prosesor yang diklaim akan lebih berkualitas dibandingkan arsitektur ARM, Prosesor Intel Atom pada smartphone Zenfone turut diperkuat dengan unit pengolah grafis atau (GPU) yang bertenaga serta memori 64-bit yang menyediakan suatu bandwidth sampai dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan tipe 32-bit.

Menurut Asus, Zenfone ini merupakan smartphone pertama Asus yang mengusung dukungan prosesor buatan Intel. Asus sangat percaya diri dengan produk yang berlawanan kebanyakan ponsel Android (biasanya berbasis ARM) tersebut ke pasaran.