Ini dia Penyebab Bintik Merah pada Bayi

Para ibu biasanya panik dan khawatir ketika mendapati bintik merah pada bayinya. Berbeda dengan kondisi kulit pada orang dewasa yang tebal, kulit bayi ini masih relatif tipis dan juga sensitive, lebih rentan alergi, iritasi dan infeksi. Hal ini karena struktur kelenjar minyak yang terdapat pada kulit bayi masih belumlah berkembang baik. Ada beberapa penyebab timbulnya bintik merah pada bayi umumnya bisa sangat kompleks dan pengaruhnya juga bisa dipicu banyak hal.

1. Bakat Alergi (Faktor Keturunan)

Bintik merah pada bayi karena Alergi adalah salah satu penyebab paling umum yang bisa memicu kondisi ini. Cara yang efektif dalam menangani alergi kulit pada bayi adalah dengan menjauhkan bayi dari sumber alergi (alergen). Jika buah hati mengalami reaksi alergi setelah dekat dengan debu dan tungau sebaiknya hindarkan bayi agar tidak terpapar alergen jenis ini.

2. Biang Keringat

Bintik merah pada bayi dan pada beberapa bagian tertentu misalnya punggung, jidat, leher serta bagian lainnya biasanya disebabkan biang keringat. Kondisi ini terjadi karena adanya sumbatan di bagian pori-pori kulit bayi disebabkan sistem untuk megatur suhu tubuh bayi belumlah berkembang secara sempurna.

Untuk mengatasi biang keringat maka orangtua perlu jeli memperhatikan pemakaian baju bagi si buah hati. Upayakan tidak mengenakan baju yang berlapis-lapis dan lebih selektiflah dalam memilih bahan pakaian bagi buah hati. Hindari memilih jenis bahan pakaian yang tak menyerap keringat, seerti nilon. Sebaliknya, memilih bahan pakaian yang baik ialah dari bahan katun.