Ini Dia 3 Profesi yang Tepat bagi Anda yang Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

komunikasiProses komunikasi adalah salah satu proses yang sangat penting bagi kehidupan manusia, sebab segala hal yang dilakukan manusia membutuhkan adanya proses tersebut. Meskipun terkesan sederhana karena pada dasarnya, komunikasi adalah suatu hal yang wajar dan setiap hari dilakukan oleh manusia, namun dalam ilmu komunikasi sendiri ada beberapa hal yang sangat penting untuk dipelajari.

Pada dasarnya, ilmu komunikasi yang dipelajari di bangku perkuliahan, adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai strategi penyampaian suatu pesan yang tepat dan tergantung pada setiap konteks, unsur serta isi dari pesan tersebut. Ilmu komunikasi sendiri juga memiliki beberapa cabang yang dapat diterapkan langsung dalam dunia kerja, seperti broadcasting, jurnalistik, komunikasi pemasaran, komunikasi massa, dan lain sebagainya. Nah, bila anda saat ini sedang tertarik untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi, maka berikut ini ada beberapa profesi yang tepat untuk anda pilih pada saat lulus dari jurusan tersebut :

  • Broadcaster

Salah satu dunia pekerjaan yang seharusnya paling nyaman bagi para lulusan ilmu komunikasi adalah pekerjaan yang terlibat dalam dunia penyiaran, entah itu untuk radio atau televisi, seperti produser, reporter, copy writer dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan karena inti dari dunia penyiaran adalah menyampaikan pesan melalui media massa, dalam hal ini radio dan juga televisi. Maka dari itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi tentunya memiliki keahlian yang cukup mumpuni untuk merancang strategi agar pesan yang ingin disampaikan tersebut dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat.

  • Public Relation (Hubungan Masyarakat)

Tugas utama seorang public relation adalah untuk menciptakan sebuah hubungan yang harmonis antara perusahaan yang ia wakili dengan para klien, agar nama baik perusahaan dapat selalu terjaga. Maka dari itu, seorang lulusan ilmu komunikasi seharusnya mampu mengatasi tugas ini dengan baik, sebab mereka sudah cukup terlatih dalam menyampaikan pesan yang dapat diterima klien dan juga masyarakat dengan baik.

  • Jurnalis

Jurnalistik sendiri adalah salah satu bagian dari bidang ilmu komunikasi, sehingga tentunya, lulusan ilmu komunikasi sudah sewajarnya menguasai bagaimana cara mengemas sebuah berita dengan kualitas yang baik sehingga inti dari berita tersebut dapat mudah diterima oleh masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *