Hati-hati, Banyak Powerbank Berkapasitas Palsu

Powerbank sekarang ini menjadi perangkat tambahan wajib untuk smartphone yang dibutuhkan ketika keadaan penting. Tapi dengan beredarnya bermacam produk, menjadikan barang barangnya pun semakin tidak terkontrol misalnya saja Powerbank berkapasitas palsu.

Powerbank berkapasitas palsu adalah sebuah powerbank dengan misalnya berkapasitas 13.000mAh untuk charging smartphone yang berbaterai 2.500mAh, mungkin yang kita pikiran powerbank itu dapat mengisi ulang penuh smartphone sampai 5 kali. Namun hal itu adalah salah.

Waspada Powerbank berkapasitas palsu melihat ukuran power bank besar tetapi ringan. Biasanya power bank itu kapasitas yang tertulis di spesifikasi tidaklah sama dengan realnya. Hal ini yang contohnya terjadi saat kami coba untuk membongkar salah satu powerbank. Powerbank yang dibongkar tersebut memiliki kapasitas 88.000mAh tapi setelah dibongkar powerbank itu hanya berkapasitas 8000mAh.

Sebenarnya Powerbank berkapasitas palsu terkadang sulit sekali bila kita masih awam dan hanya melihat sepintas luarnya saja tanpa bongkar power bank tersebut. Apalagi dengan membeli bukan di agen resmi atau brand resminya.

Semua jadi aman jika produsen berani untuk memberikan Garansi. Misalnya saja garansi 1 tahun itu lumayan, dan memang bila powerbank itu berani untuk memberikan garansi 1 tahun untuk power bank tersebut kuat minimal 1 tahun.

Jika masih penasaran dengan Powerbank berkapasitas palsu, kita juga bisa mengetesnya menggunakan “USB Baterai Tester”. Menggunakan alat ini setidaknya kita tahu pasti ukuran baterai tadi. Paling tidak saat kapasitas baterai tak sesuai maka dengan adanya garansi 1 tahun, kita bisa mengembalikannya.

Ada beberapa tips menghindari Powerbank berkapasitas palsu

  1. Beli power bank pada penjual yang terpercaya, atau langsung ke Developer storenya.
  2. Lihatlah kapasitas ukuran dan berat dari power bank, bila kapasitas besar, maka ukuran powerbank tersebut seyogyanya besar dan berat.
  3. Janganlah tergiur harga murah kapasitas besar.