Hal Dasar Manajemen Bisnis untuk Pemula

Mungkin hal satu ini sering kita alami saat memulai usaha yang baru. Apalagi bagi pemula yang biasanya susah untuk masalah mengatur keuangan. Untuk itu sebelum terjerat permasalahan uang yang makin rumit, mari bahas bersama Hal Dasar Manajemen Bisnis untuk Pemula berikut:

1. Pisahkan keuangan usaha dan pribadi

Hal Dasar Manajemen Bisnis ini masih sering dilupakan pemula, mereka menganggap usahanya itu masih kecil jadi belum butuh pemisahan uang pribadi dengan uang usaha. Padahal ini menjadi satu kesalahan utama yang dapat mengganggu arus kas dari usaha. Karena dengan menggabungkan dua uang tersebut, maka kita akan kesulitan mengontrol pemasukan atau pengeluaran usaha. Oleh karennya, sekecil apapun usaha kita sebaiknya pisahkan antara uang usaha dan pribadi. Agar kita dapat mencatat semua transaksi dengan rapi.

2. Tentukan Prosentase Keuangan

Hal Dasar Manajemen Bisnis selanjutnya adalah tentukan besar prosentasi keuangan yang digunakan untuk kebutuhan usaha. Misalnya berapa persen uang digunakan untuk operasional, berapa persen laba yang ditetapkan, berapa persen uang cadangan kas usaha, dan berapa persen yang digunakan sebagai pengembangan usaha. Biasanya besaran prosentase ditentukan masing-masing pengusaha tak sama. Yang terpenting adalah dengan cara tersebut,  bisa membantu mengelola keuangan usaha sesuai porsi yang telah ditentukan diawal kita memulai usaha.

3. Pembukuan yang rapi

Hal Dasar Manajemen Bisnis selanjutnya adalah pembukuan bertujuan untuk mengontrol semua transaksi, baik pemasukan, pengeluaran, dan hutang piutang yang dimiliki. Selain itu juga akan mempermudah untuk mengevaluasi perkembangan usaha.