Fakta Tentang Sumpah Pemuda

Jas merah, jangan lupakan sejarah adalah kata kata Bung Karno kepada generasi penerus bangsa kala itu. Kemerdekaan Indonesia tak mungkin akan diraih tanpa campur tangan generasi mudanya kala itu sehingga berakhirlah era penjajahan dan Indonesia memperoleh kemerdekaannya. Lalu apa fakta tentang Sumpah Pemuda yang harus kita ingat sebagai bangsa Indonesia? Berikut adalah catatannya.

Fakta tentang Sumpah Pemuda pertama adalah kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan kongres ke dua. Kongres tersebut menghasilkan tiga ikrar yang diusulkan oleh Moehammad Yamin yang kemudian disetujui oleh semua peserta kongres. Sedangkan untuk kongres pertamanya diadakan pada tanggal 20 Februari 1927.

fakta-tentang-sumpah-pemudaKongres Pemuda kala itu diketuai oleh Sugondo Djojopuspito dan wakil R.M. Joko Marsaid, sedangkan Moh. Yamin bertugas sebagai sekretaris. Sedangkan peserta dari kongres tersebut adalah Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes, Jong Batak, Sekar Rukun, PPPI, dll.

Sedangkan kongres diadakan di tiga gedung yang berbeda, yakni yang pertama di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB) yang kini menjadi Lapangan Banteng, gedung kedua adalah di Gedung Oost-Java Bioscoop dan yang ketiga adalah sebuah bangunan di Jl. Raya Kramat no 106 dimana Sumpah Pemuda ditutup dengan diperdengarkannya lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman tanpa menggunakan lirik. Bagaimana, apakah anda masih ingat semua fakta tentang Sumpah Pemuda tersebut?