Fakta Tentang Bersin

Bersin merupakan salah satu aktifitas tubuh manusia yang secara otomatis dilakukan ketika hidung mengalami gangguan seperti sedang pilek, adanya debu atau alergi terhadap sesuatu. Meskipun bersin dianggap sepele, namun terdapat fakta tentang bersin yang mungkin belum anda ketahui. lalu apa saja fakta tentang bersin tersebut? Berikut ulasannya.

fakta-tentang-bersin

Kecepatan Angin Bersin
Fakta tentang bersin yang satu ini mungkin baru anda sadari. Kecepatan angin yang diakibatkan oleh bersin bisa mencapai 150 sampai 250 km per jam! Bayangkan saja apakah anda bisa bersin dengan lambat? Tentu saja tidak.

Menahan Bersin Sangat Berbahaya
Fakta tentang bersin yang selanjutnya mungkin bisa dibilang menakutkan. Jika dihubungkan dengan fakta tentang bersin yang pertama, maka anda bisa membayangkan sendiri bagaimana jika kecepatan udara ketika bersin itu ditahan dalam kepala kita. Hasilnya? Beberapa ahli mengatakan menahan bersin bisa membuat bola mata keluar. Komentar ahli lainnya berkata bahwa bisa mengakibatkan patahnya tulang hidung, menyebabkan gendang telinga pecah, gangguan pernafasan hingga stroke. Wah menakutkan juga yah.

Bukan hanya manusia saja
Fakta tentang bersin kali ini mungkin membuat anda heran karena ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa bersin melainkan juga hewan, wow! Salah satu hewan yang yang sering tertangkap suaranya ketika bersin adalah gajah si hidung panjang. Alasan gajah bersin pun juga hampir sama dengan manusia, yakni karena sakit, alergi atau terkena debu. Unik yah.