Fakta Teknologi 4G

Salah satu pertimbangan yang penting ketika akan membeli smartphone baru ialah fasilitas 4G. Sekarng ini, banyak provider layanan 4G misalnya Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL dan provider lainnya sedang gencarnya melakukan promosi. Mereka berlomba menyediakan paket 4G paling murah berkuota besar bagi para pelanggan setianya. Apa itu 4G, berikut ini ada beberapa Fakta Teknologi 4G.

1. Apa Itu 4G?

Fakta Teknologi 4G, 4G sendiri singkatan dari fourth-generation technology, jaringan untuk mobile broadband generasi keempat menawarkan akses data yang tinggi. Ada dua kandidat standar untuk 4G yang dikomersilkan oleh dunia yaitu standar WiMAX serta standar Long Term Evolution (LTE). 4G LTE yang dinikmati di Indonesia mempunyai kapasitas bandwidth 10x lebih besar jika dibandingkan jaringan 3G, dengan kecepatan akses data yang jauh lebih gesit.

2. Jenis-jenis 4G

Fakta Teknologi 4G kedua. 4G kitjikaa ibaratkan sebuah label, yang mana ada banyak nama yang hadir yakni HSPA+, WiMax, TD-LTE, LTE, LTE-Advanced. Jaringan yang memenuhi spesifikasi 4G ini ialah LTE-Advanced dan WirelessMAN-Advanced (WiMax Release 2). Tapi, HSPA+, WiMAX, dan juga LTE juga diizinkan diberi label sebagai teknologi 4G. Meski tidak menawarkan kecepatan dijanjikan dari spesifikasi resmi 4G.

3. Tips dalam Memilih Smartphone 4G

Pertanyaan smartphone telah memliki fasilitas 4G belum, pertanyaan selanjutnya ialah soal Cat. Kategori inilah yang jadi acuan kita, tentunya semakin tinggi makin bagus. Meskipun tetap saja, ujung-ujungnya kita tak bisa menikmati kecepatan 4G yang sebenarnya.