Fakta Menarik Tentang Darah Manusia

asal-muasal-penggolongan-karakter-seseorang-berdasarkan-golongan-darahDarah manusia memiliki fungsi yang penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Salah satu tugas utamanya adalah seperti menyalurkan oksigen dan sari sari makanan keseluruh tubuh. Namun terdapat beberapa fakta menarik tentang darah manusia yang mungkin belum kamu tahu, yuk disimak.

  1. Jika butiran darah diperbesar seukuran manusia, maka perjalanan yang harus ditempuh oleh darah manusia setiap harinya adalah sejauh 96.540 Km setiap harinya. Fakta menarik tentang darah manusia ini bisa dibayangkan jika jarak mengelilingi katulistiwa bumi saja mencapai 40.075 Km, itu artinya darah seperti mengelilingi bumi sebanyak 2 kali setiap harinya!
  2. Fakta menarik tentang darah manusia lainnya adalah bahwa darah memiliki berat 7% dari berat tubuhmu. Ya benar saja karena sebagian besar tubuh manusia merupakan cairan.
  3. Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang dan hanya bekerja selama 120 hari saja. Setelah itu sel darah merah akan dirombak kembali.
  4. Darah manusia sebenarnya memiliki 30 tipe namun disederhanakan menjadi ABO. Jadi meskipun sama sama memiliki golongan darah A belum tentu cocok satu sama lain.
  5. Orang Jepang dan Asia sangat percaya tentang penggolongan kepribadian yang ditentukan dari golongan darah. Hal ini bahkan berpengaruh pada penerimaan pekerjaan dan lain lain.

Bagaimana? Apakah fakta menarik tentang darah manusia tersebut membuatmu takut pada darah? Semoga tidak, karna darah memiliki peran penting pada tubuh manusia.