Fakta Menarik Mouse Wireless

Jika kita berbicara masalah perkembangan teknologi, maka tak akan ada hentinya untuk dikembangkan. Semua hal tersebut sudah dapat dibuktikan dengan munculnya banyak barang-barang elektronik yang fantastis. Dan jika kita ambil contohnya dari dunia komputer, adalah mouse wireless.

Sesuai dengan namanya, mouse wireless tidak memakai kabel dalam penggunaannya namun menggunakan gelombang elektromegnetik untuk sinyal yang digunakan mengendalikan kursor pada monitor. Mouse wireless ini mirip dengan mouse-mouse biasa, bahkan dalam penggunaannya pun tak ada bedanya. Yang membedakan ialah media penghubungnya saja. Seperti fakta menarik Mouse wireless berikut ini.

Tidak ada kabel, membuat lebih lapang

Teknologi yang digunakan pada Mouse wireless ini memungkinkan user untuk menghubungkan mouse pada komputer tanpa kabel. Lebih tepatnya teknologi ini memakai 2 komponen tambahan sebagai pemancar dan penerima, dengan demikian mouse dapat terhubung tanpa kabel sama sekali. Jadi dengan mouse wireless tidak ada lagi kabel melilit-lilit di sekitar komputer PC maupun Laptop. Dengan ini kita dapat merasa lebih lapang serta leluasa memainkan komputer tanpa terganggu oleh kabel melintang.

Memakai teknologi Bluetooth, Infrared serta Radio Frequency (RF)

Pada umumnya Mouse wireless menggunakan 3 jenis teknologi sebagai pemancar dan penerima mouse dengan komputer. Ketiga teknologi ini tidak lain adalah Bluetooth, Infrared serta Radio Frequency. Mouse wireless yang masih saja menggunakan teknologi infrared dianggap ketinggalan jaman. Sebab kebanyakan mouse wireless sekarang lebih cenderung memakai teknologi bluetooth dan Radio Frequency yang dianggap lebih handal.

Terdapat pemancar dan penerima siyal

Supaya Mouse wireless dapat saling terhubung, maka ada 2 komponen utama yang bertindak sebagai pemancar dan juga penerima sinyal. Biasanya salah satu komponen terhubung langsung pada komputer dengan port USB sedangkan kompuonen lainnya terpasang di dalam mouse.