Fakta Menarik Mengenai Kepulauan Komodo

Kepulauan Komodo adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit di Indonesia yang memiliki kunjungan wisatawan baik domestik maupun asing yang terus meningkat setiap tahunnya. Kepulauan Komodo terkenal karna bukan hanya kadal raksasa Komodo saja melainkan juga karena alamnya yang luar biasa indah. Nah bagi anda yang belum pernah mengunjunginya, berikut ini adalah fakta mengenai Pulau Komodo.

Kepulauan Komodo berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di kabupaten Manggarai Barat. Hanya beberapa pulau di Kepulauan Komodo yang ditinggali oleh hewan Komodo seperti loh buaya dan loh liang.
Komodo di Kepulauan Komodo memiliki ikatan tersendiri bagi penduduk disana.

Konon menurut cerita rakyat sana, Komodo merupakan saudara kembar dari leluhur mereka sehingga rakyat sana menghormati Komodo dengan tidak membunuhnya meski terkadang membahayakan penduduk.

fakta-kepulauan-komodo

Taman Nasional Komodo di Kepulauan Komodo merupakan salah satu lokasi konservasi alam di Indonesia. Karena keberadaan Komodo yang disebut sebagai hewan purbakala membuat Komodo patut dijaga kelestariannya.
Di Kepulauan Komodo terdapat pantai yang memiliki pasir berwarna pink.

Pasir pantai berwarna pink ini bukanlah buatan manusia melainkan alami dari pecahan karang merah yang mewarnai pasir putih sehingga berwarna pink. Labuhan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat merupakan kota yang memiliki salah satu pelabuhan besar dan Bandar udara di NTT dan sering dikatakan sebagai pintu masuk menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur.