Etika Dalam Business Dinner

etika-dalam-business-dinnerLain ladang lain belalang, itu adalah ungkapan yang ada untuk menunjukkan bahwa budaya di setiap daerah bisa saja berbeda. Oleh karena itu, jika anda berkesempatan untuk berbisnis dengan orang barat maka anda harus mengetahui etika dalam business dinner dengan rekan bisnis anda. Tentunya anda tidak ingin terlihat udik atau tidak sopan dengan rekan bisnis anda bukan?

  1. Jangan letakkan kain serbet di leher anda. Fungsi dari setiap kain berbeda.
  2. Jangan meletakkan sikut tangan anda di meja. Hal itu menunjukkan sikap yang tidak sopan.
  3. Jangan berkomentar berlebihan ketika anda melakukan kesalahan seperti menjatuhkan gelas diatas meja. Bersikap tenang dan mintalah bantuan kepada pelayan.
  4. Jangan berbicara sambil memegang alat makan apalagi mengangkatnya ke udara.
  5. Jangan mencoba untuk menjangkau benda yang terlampu jauh menyeberangi meja. Mintalah tolong rekan anda yang lebih dekat untuk berusaha mengambilkannya.
  6. Jangan angkat piring keatas mulut untuk mendorong masuk makanan. Meskipun di beberapa negara hal ini berarti makanannya sangat enak, namun untuk budaya barat atau etika dalam business dinner adalah tidak sopan
  7. Jangan berbicara dengan mulut penuh. Dalam hal ini mungkin saa dengan negara kita jika hal ini tidak sopan.
  8. Jangan membaui makanan yang disajikan diatas meja. Hal ini tidak sopan mengingat anda akan makan bersama orang lain. sama halnya dengan menghembuskan nafas diatas makanan baik melalui hidung maupun mulut.
  9. Letakkan serbet diatas meja seusai makan, jangan tinggalkan diatas kursi. Hal ini juga menunjukkan pada pelayan bahwa anda telah selesai makan.

Nah beberapa hal diatas adalah etika dalam business dinner yang penting untuk dihindari dan juga dilakukan. Dengan demikian anda akan terlihat professional dalam bekerja sama.