Efek Buruk Custom Rom Yang Mesti Kamu Waspadai

Bagi kamu yang gemar memodifikasi perangkat smartphone androidmu, pastilah kamu mengenal yang namanya Root dan Custom Rom. Root dan Custom Rom tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Untuk memasang Custom Rom atau sistem baru di smartphone androidmu, kamu membutuhkan akses root. Namun ternyata Custom Rom bisa memiliki efek buruk untuk perangkatmu. Berikut efek buruk custom rom yang harus kamu waspadai.

1. Bug

Bug tentunya salah satu efek buruk custom rom yang harus kamu ketahui sebelum menginstal custom rom. Tidak semua custom rom dapat dibuat sempurna dengan waktu yang singkat oleh pengembang yang mungkin tidak banyak jumlahnya sehingga mungkin masih ditemui bug.

2. Fungsi Smartphone Terganggu

Salah satu akibat dari bug yang cukup parah adalah tidak berfujgsinya salah satu fungsi smartphone. Efek buruk custom rom ini bisa terjadi seperti untuk speaker yang tak berfungsi, kamera yang tak bisa digunakan dan lain lain.

3. Merusak Hardware

Selain bug, efek buruk custom rom yang sangat buruk adalah merusak hardware. Hal ini disebabkan karena terkadang custom rom bertujuan untuk meningkatkan kinerja smartphone yang terkadang malah membuat smartphonemu tersiksa.

4. Keamanan

Tidak ada jaminan keamanan dari custom rom menjadi efek buruk custom rom yang paling utama. Kita tidak tahu apakah custom rom itu disisipi oleh spyware atau aplikasi lain yang mungkin bisa merugikan kita.