Destinasi Wisata Wajib di Dieng

Dieng merupakan salah satu dataran tinggi yang memiliki beragam tempat wisata menarik. Berada di wilayah Kab. Banjarnegara dan Wonosobo Jawa Tengah, kurang lebih 30 km jaunya dari kota Wonosobo. Dataran tinggi Dieng ini ada di barat komplek Gunung Sindoro dan Sumbing. Sebuah Destinasi Wisata Dieng yang memberikan pengalaman baru.

Berada pada ketinggian 2.093 mdpl, Destinasi Wisata Dieng Wonosobo memiliki udara sejuk lengkap dengan kabut ketika matahari tidak nampak di langit. Dengan suhu berkisar 15 sampai 20 derajat Celcius, Dieng Wonosobo memiliki beberapa tempat yang wajib dikunjungi.

1. Telaga Warna

Telaga warna merupakan Destinasi Wisata Dieng dan jadi landmark dari wisata Dieng Wonosobo. Namanya diambil disebabkan telaga ini memiliki warna berbeda-beda. Telaga Warna ini mempunyai legenda tersendiri. Menurut legenda warga, warna yang muncul pada permukaan telaga tersebut disebabkan zaman dahulu kala ada cincin kepunyaan bangsawan yang jatuh dalam telaga tersebut. Secara ilmiah, warna berbeda dari telaga tersebut disebabkan adanya pembiasan cahaya endapan belerang pada dasar telaga.

2. Bukit Sikunir

Destinasi Wisata Dieng selanjutnya. Ingin melihat sunrise? Kita bisa datang ke Bukit Sikunir ini. Bukit ini merupakan bukit yang terkenal pada kalangan wisatawan jadi tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir ini letaknya di Desa Sembungan yang jadi desa tertinggi di Jawa Tengah.

3. Kawah Sikidang

Destinasi Wisata Dieng Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang dijadikan andalan dari tempat wisata di Dieng dan lokasinya di wilayah Dieng timur. Pemandangan sekitar kawah ini sangatlah indah, perpaduan dari hamparan bukit hijau serta tanah kapur di sekitar tanah kawah.