Cerita Lahirnya Android

Smartphone kamu android? Kalau iya wajib tahu donk apa itu android. Jika kamu menjawab android adalah sebuah sistem operasi maka betul jawabanmu. Android adalah satu dari sekian banyak sistem operasi untuk perangkat mobile yang banyak diciptakan. Namun yang membuatnya spesial adalah jumlah penggunanya yang menjadi mayoritas smartphone didunia. Lalu bagaimana sih cerita lahirnya android? Yuk kita simak.

Cerita lahirnya android dimulai dari tanggal 5 November 2007 yang saat itu ditunjukkan pertama kali pada khalayak umum. Android di masa itu sudah didukung oleh Google dan menjadi sistem operasi terbuka. Namun sebenarnya Android sudah mulai dibentuk oleh sebuah perusahaan pada tahun 2003 yang katanya bekerja secara rahasia. Perusahaan tersebut akhirnya dibeli oleh Google pada tahun 2005 sehingga pengembangan selanjutnya berada dibawah kendali Google.

cerita-lahirnya-androidDi tahun 2007 itulah Google mengundang beberapa brand handset terkemuka yang terkumpul menjadi Open Handset Alliance yang diikuti oleh Samsung, NVidia, LG, HTC, Broadcom, Motorola, T-Mobile, Sprint, Intel, dan lainnya. Hingga akhirnya diluncurkanlah sebuah sistem operasi terbuka bernama Android dengan versi awal 2.6 yang selanjutnya dikembangkan juga untuk perangkat tablet yakni versi 3.x.

Jadi hal itulah yang menjadikan Android di setiap smartphone milik brand tertentu memiliki perbedaan atau kesamaan tertentu. Bagaimana menarik? Cerita lahirnya android ini bisa dibilang sukses melawan dominasi sistem operasi mobile kala itu seperti Symbian, Blackberry dan iOS yang mulai tumbuh.