Cara Mudah Cegah Kanker Hati

Kanker hati adalah salah satu tumor ganas yang ditemukan, khususnya untuk masyarakat Indonesia. Tetapi tahukah bahwa penyakit ini berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari? Ada beberapa Cara Cegah kanker Hati ini. Mari disimak lebih lanjut.

1. Tidak makan makanan yang berjamur

Cara Cegah kanker Hati pertama. Jagung, kacang-kacangan serta makanan berfregmentasi lain yang mengandung aflatoksin berkadar tinggi, jenis zat ini dikelompokkan jadi zat karsinogen, adalah salah satu faktor menyebabkan kanker hati. Selain itu, aflatoksin juga menyebabkan poliferasi empedu pada manusia atau hewan, limfa, ginjal, otak, dan juga sistem saraf yang mengalami perubahan, dan menekan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi zat tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan kematian.

2. Injeksi vaksin Hepatitis B

Cara Cegah kanker Hati kedua. Hepatitis A, hepatitis B, HCV hepatitis bisa menambah risiko dari kanker hati. Sebab , vaksinasi merupakan metode paling praktis dan efektif, apalagi vaksinasi hepatitis B. Penelitian menunjukkan, vaksinasi untuk hepatitis B, efektif setelah sekiranya 10 tahun virus hepatitis B tingkat membawa antigen menurun dari 10% jadi 1.3%. Dan setelah 16 tahun, efektif menurunkan resiko kanker hati.

3. Kontrol suasana hati, tetap tenang

Cara Cegah kanker Hati ketiga. Baik buruknya suasana dalam hati sangat besar pengaruhnya untuk kesehatan tubuh, ada dalam tekanan batin dan marah dalam jangka waktu yang lama, bisa menambah resiko terdampak kanker hati. Karena itu, keseharian kita, sebaiknya mengontrol mood, menjaganya pada suasana yang baik, ini menguntungkan umtuk kesehatan.