Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Cara menjaga kesehatan reproduksi dapat dimulai dengan kebiasaan baik. Diantaranya tak menggunkan alat-alat elektronik berada di dekat paha misalnya handphone, tablet dan lain-lainnya. Gedget maupun alat elektronik yang panas bisa mengakibatkan dari kualitas sperma bisa berkurang. Begitu pun dengan penggunaan celana super ketat bisa membuat organ reproduksi kita menjadi panas.

Menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita bisa dengan membiasakan membilas vagina setelah selesai melakukan buang air kecil dan BAB. Cuci hingga bersih melakukan bilasan dari arah depan ke belakang. Banyak wanita tak paham akan hal tersebut, banyak wanita malah membasuh organ intim mereka dari anus menuju ke arah vagina.

Hal tersebut justru akan menyebabkan bakteri bisa bersarang di anus dan masuk menju liang vagina, jadi mengakibat timbul rasa gatal pada area vagina. Sebaiknya basuhlah organ intim memakai tisu sebelum memakai celana dengan dengan sekali usap. Jika area organ intim dibiarkan untuk lembab, jamur bisa tumbuh dengan mudahnya.

Menjaga kesehatan reproduksi dengan tidak memakai celana dalam terlalu ketat, sebab bisa menekan otot vagina serta membuat area sekitar jadi lembab. Contoh seperti celana jeans, ini yang memicu terjadinya lembab dan menimbulkan berkembangnya jamur.

Mengganti celana dalam sekali sehari jika keadaan cuaca dingin. Tapi, bila keadaan cuaca panas sebaiknya mengganti 2 kali dalam sehari. Pastikan juga celana yang digunakan yang mudah dalam menyerap keringat.