Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

cara-menghilangkan-karang-gigi-secara-alamiKarang gigi adalah kumpulan kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga sulit untuk dibersihkan. Penyebab utama munculnya karang gigi adalah kebiasaan malas seseorang untuk menggosok giginya setelah makan, sehingga sisa-sisa makanan tersebut lama kelamaan akan terus menempel dan menjadi karang yang sulit untuk dihilangkan.

Maka dari itu sangatlah penting bila anda selalu meluangkan waktu untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Pada dasarnya, karang gigi sangat sulit untuk dihilangkan, namun bukan berarti tidak bisa dihilangkan sama sekali, sebab berikut ini ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami, yang dapat anda coba untuk terapkan :

Gosok gigi dengan cara yang benar dan secara rutin

Pastikan anda menggosok gigi secara benar, dengan arah dari atas ke bawah, jangan lupa gosok gigi bagian dalam yang berguna untuk mengunyah makanan serta bagian lainnya secara merata. Gosok gigi anda secara rutin, minimal 2 kali sehari khususnya setelah makan dan sebelum tidur.

Berkumur setelah makan

Untuk mengkikis karang gigi sekaligus menghalau makanan sisa makanan yang dapat menyebabkan karang gigi, maka berkumur setelah makan sangatlah disarankan, apalagi bila anda berkumurnya dengan menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif penghilang karang gigi.

Gunakan kulit jeruk

Vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk sangat bagus untuk gigi, oleh sebab itu anda dapat menggosokkan kulit jeruk secara rutin agar dapat hasilnya terlihat maksimal.

Konsumsi buah-buahan

Konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C secara rutin, seperti apel, strawberry, jambu biji dan juga jeruk. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C tidak hanya membuat gigi terlihat lebih putih namun juga sekaligus dapat menghilangkan karang gigi.

Biji wijen

Biji wijen mampu bertindak sebagai scrub alami yang dapat membersihkan gigi sekaligus memoles dan juga menghilangkan karang gigi. Untuk menggunakan cara ini, kunyah secara perlahan segenggam biji wijen selama 4-5 menit, namun jangan sampai tertelan, sebab setelah itu anda perlu menyikat gigi anda dengan biji wijen yang telah anda kunyah tadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *