Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak atau dalam istilah medisnya disebut dengan Gingivitis memang merupakan jenis sakit gigi yang sangat menyiksa bahkan dapat membuat anda akan merasa tidak nyaman selama seharian penuh. Pada dasarnya gusi bengkak merupakan radang dan infeksi yang terjadi pada jaringan gusi.

Penyebab utama gusi bengkak adalah bakteri yang ada pada rongga mulut dan kemudian menjadi plak dan akhirnya mengeras lalu menjadi karang gigi. Bila anda mengalami gusi bengkak, ada beberapa cara mengatasi gusi bengkak secara alami, namun tentu saja cara ini hanya mampu meredakan sakitnya secara sementara dan bila pembengkakan gusi tersebut sudah akut maka sangat disarankan anda memeriksakannya ke dokter gigi

Air garam

Air yang telah dicampur dengan garam mengandung zat antiseptik sehingga mampu melawan kuman yang menghuni rongga mulut, oleh sebab itu air garam dapat meredakan sakit akibat gusi bengkak. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya tinggal berkumur dengan air garam 2-3 kali sehari dan selanjutnya akhiri dengan berkumur memakai air bersih.

Baking Soda

Baking soda yang dicampur dengan air juga dapat digunakan sebagai obat kumur, sebab selain mampu mengurangi rasa sakit pada gusi yang bengkak, air baking soda juga dapat mencegah bakteri yang menyebabkan gusi bengkak menyebar.

Daun Sirih

Daun sirih ini memang kaya manfaat, selain dapat membantu menghilangkan bau badan, daun sirih juga dapat membantu mengatasi pembengkakan pada gusi. Untuk menggunakan cara ini, selain memerlukan 10 lembar daun sirih dan 500 cc air, anda juga membutuhkan kunyit dan garam sebagai bahan pelengkapnya. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih, kemudian saring airnya.  Gunakan air hangat hasil rebusan tersebut untuk berkumur atau bila anda mau air rebusan itu juga dapat diminum

Memijat Gusi

Untuk mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh gusi bengkak, anda dapat melakukan pijatan pada gusi. Caranya, pakai jari telunjuk anda untuk memijat gusi dengan gerakan melingkar. Namun sebelum anda melakukan hal tersebut, pastikan jari anda dalam kondisi yang bersih, agar tidak membawa bakteri lain masuk ke dalam rongga mulut.

Lada Hitam dan Minyak Cengkeh

Cara ini cukup ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang menyerang gusi. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh yang telah ditambah sedikit lada hitam pada daerah sekitar gusi yang bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *