Cara Cepat Menghafal

hafalSalah satu hal yang paling ditakutkan siswa ketika belajar adalah menghafal. Ya, kebanyakan dari mereka merasa bahwa menghafal beragam catatan pelajaran merupakan hal relatif sangat berat dan sulit, khususnya bila mereka belum apa-apa sudah khawatir akan lupa dengan materi yang sedang mereka coba untuk hafalkan tersebut. Hal seperti itulah yang biasanya menghambat seseorang agar dapat menghafal materi dengan lebih cepat, sebab seperti yang kita tahu, bila kita belum memulai namun sudah merasa sulit maka apa yang akan kita kerjakan tersebut benar-benar akan terasa susah. Nah, oleh sebab itu, sebelum menghafal sebaiknya anda memiliki tekad tinggi sehingga anda tidak terlalu menjadikan materi hafalan tersebut sebagai beban berat yang harus anda tanggung

Untuk membantu anda semakin bersemangat dalam menghafal sebuah materi hafalan, berikut ini ada beberapa cara cepat menghafal yang dapat coba untuk anda terapkan :

  • Konsentrasi

Konsentrasi adalah salah satu cara utama agar anda lebih mudah dan cepat menghafal. Ya, menghafal memang perlu konsentrasi dan fokus yang tinggi, jadi ketika menghafal cobalah untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi yang anda miliki. Usahakan setiap hari, setidaknya selama sepuluh menit, anda perlu mengingat hal-hal apa saja yang telah dipelajari di sekolah atau saat kuliah. Bila anda menerapkan cara tersebut, maka anda tak perlu menghafal materi hafalan dalam jumlah yang banyak secara sekaligus.

  • Pahami materi yang akan dihafalkan

Menghafal bukan hanya sekedar mengingat materi, namun anda perlu untuk memahami materi tersebut terlebih dahulu, maka dengan demikian anda akan mengingat materi tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Memahami materi ini sangat perlu untuk diterapkan ketika menghafalkan beragam rumus.

  • Percakapan

Ketika sedang menghafal, cobalah untuk melakukan percakapan dengan orang lain mengenai materi yang sedang anda hafalkan. Cara menghafal ini tergolong cukup efektif dan cepat, sebab bila anda membicarakan hal yang berkaitan dengan materi yang anda hafalkan maka otak secara otomatis akan menghubungkan sesuatu yang ingin anda ingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *