Cara Budidaya Kroto Rumahan

Cara-Budidaya-Kroto-RumahanSalah satu peluang usaha yang tergolong sangat menjanjikan yaitu budidaya kroto, pasalnya seperti yang kita tahu, kroto dapat digunakan sebagai pakan burung berkicau yang paling berkualitas, oleh sebab itu permintaan akan kroto semakin banyak setiap harinya.

Menariknya lagi para pemilik burung berkicau tersebut berani membeli kroto dengan harga yang cukup tinggi, sehingga tak mengherankan bila banyak orang yang menganggap bahwa bisnis di bidang budidaya kroto rumahan tergolong sebagai bisnis yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan, apalagi untuk menjalankan budidaya ini juga tergolong relatif mudah.

Penasaran, bagaimana cara budidaya kroto yang tepat? Simak saja ulasan singkatnya berikut ini :

  • Hal pertama yang harus anda lakukan agar berhasil dalam membudidayakan kroto adalah mendapatkan ratu semut rangrang terlebih dahulu. Untuk mendapatkan ratu semut rangrang memang bukanlah hal yang mudah. Bila anda kesulitan mencari ratu semut rangrang, maka anda dapat membelinya pada orang yang sudah membudidayakan kroto.
  • Buka sarang tersebut dan tempatkan pada ember plastik usahakan semut rangrang yang anda tempatkan pada ember plastik sudah bersih dari sarangnya, selain itu sebelumnya pastikan bagian tepi ember telah anda taburi dengan tepung, agar semut pekerjanya tidak dapat keluar dari ember.
  • Hubungkan ember berisi semut rangrang dengan toples yang bagian bawahnya sudah dilubangi sebesar 3-5 cm
  • Selanjutnya, biarkan semut ranrang pindah bersama telur mereka ke dalam toples tersebut
  • Beri makanan di dalam toples contohnya seperti kecoa atau jangkrik mati serta sediakan pula air gula, sebab semut rangrang sangat suka air gula
  • Setelah sehari maka anda dapat melihat bahwa semut-semut tersebut sudah membangun sarang alami.
  • Untuk mencegah semut pekerja keluar dari toples maka letakkan nampan berisi air di bawah toples.
  • Ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan bila ingin membudidayakan kroto, yaitu pastikan tempat untuk budidaya kroto ini berada di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung
  • Untuk dapat memanen kroto, bila perkembangan ternak kroto yang anda lakukan tergolong normal maka anda akan dapat mulai memanen dalam waktu sekitar 20 hari atau lebih apabila anda masih pemula dalam budidaya kroto ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *