Budidaya Belut di Rumah

Belut merupakan jenis ikan yang rasanya enak, dengan rasa khasnya dan juga banyaknya gizi yang di kandungnya. Belut adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat disukai banyak orang saat ini, dahulu pada tahun 60-an masyarakat hanya mengenal belut sawah maupun belut liar, jadi sangat sulit untuk dapat mengkonsumsi belut ini tiap hari.

Saat ini sudah sangat banyak orang yang berhasil membudidayakan belut ini jadi belut dengan mudah bisa dijumpai di pasar. Budidaya belut ini tidak sulit, dan tidak membutuhkan lahan luas, dengan media tong saja belut sudah bisa dibudidayakan dengan jumlah yang besar. Mari kita bahas Budidaya belut di rumah.

beternak-belut-di-rumah

Budidaya belut di rumah lebih mudah jika dibanding memelihara ikan, apakah itu ikan ternak ataupun hanya sekedar ikan untuk peliharaan. Saat ini hanya masalah bibit saja yang jadi kendala utama di dalam budidaya belut, sulitnya untuk mendapatkan bibit ini juga bisa membatasi jumlah peternak belut spada sekarang ini. Bibit belut ini bisa diambil langsung di alam ataupun bisa juga dibeli di pembibitan belut.

Tetapi pembibitan belut secara komersil sekarang ini kadang sulit ditemukan, bahkan mungkin belum ada di daerah anda. Belut bisa dipelihara di semua jenis daerah, baik itu dataran tinggi maupun rendah, baik dengan curah hujan tinggi ataupun curah hujan rendah.

Penggunaan air yang bersih ini terutama anak belut atau sering disebut dengan bibit, ukuran bibit yang baik adalah antara 1 – 2 cm. Ketika belut tumbuh dewasa maka kondisi air tidak jadi masalah karena umumnya belut dewasa bisa hidup di air yang keruh berlumpur.