Bisnis Ternak Sapi ini Bisa Dicoba Juga Loh

Bisnis Ternak Sapi memang jadi salah satu bisnis peternakan yang butuh ketelitian dan kesabaran dalam menjalankannya. Tak mudah, sebab ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan baik itu kandang sendiri atau impactnya pada lingkungan sekitar.

Seperti misalnya kotoran sapi dimana hal ini sangat harus diperhatikan agar tak mengganggu aktifitas lain dan terutama aktifitas penduduk di sekitar kandang. Kemudian bagi para pengusaha peternakan sapi supaya selalu dibekali pengetahuan lengkap tetnagn sapi dan cara mengurusnya dengan baik.

Bisnis Ternak Sapi sendiri bukan usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil serta menguntungkan hanya dalam waktu yang singkat. Kita butuh ekstra kesabaran dan juga modal yang cukup untuk pembibitan, perawatan (memberi pakan kepada hewan dan merawat kandang), serta harus ada strategi bisnis ternak mumpuni.

Beberapa jenis sapi yang seringkali digunakan untuk bakalan Bisnis Ternak Sapi khususnya penggemukan sapi potong di Indonesia misalnya :

Sapi Bali: berwarna merah dan warna putih pada kaki dari bagian lutut ke bawah dan di pantat, punggungnya memiliki garis warna hitam (garis belut). Keunggulan dari sapi jenis ini dapat beradaptasi dengan sangat baik pada lingkungan baru.

Sapi Ongole:  berwarna putih dan warna hitam pada beberapa bagian tubuh, bergelambir serta berpunuk, dan daya adaptasinya juga baik. Jenis ini sudah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya disebut dengan Peranakan Ongole (PO) cirinya sama seperti sapi Ongole namun kemampuan produksinya sendiri lebih rendah.