Beragam Wisata Menarik di Gunung Kidul

gunung kidulBerbeda dengan empat kabupaten lain di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terlihat subur menghijau, Gunung Kidul terdiri dari perbukitan kapur tandus yang selalu mengalami kekeringan. Terletak di bagian selatan Pulau Jawa, Gunung Kidul adalah sisa dari laut kuno. Penyebaran geografis Gunung Kidul sendiri adalah pesona yang sangat memukau, sebab terdiri dari dataran tinggi vulkanik, aliran sungai bawah tanah, gua vertikal dan horisontal, serta pasir putih pantai yang sangat eksotis. Setelah puluhan tahun terjebak dalam kekeringan parah, kini Gunung Kidul telah mulai menampakkan dirinya. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Gunung Kidul yang layak untuk anda jadikan pilihan alternatif bila berkunjung ke Yogyakarta :

  • Gunung Nglanggeran

Gunung api purba ini berusia antara 20 dan 25 juta tahun. Daerah ini dianggap sebagai daerah paling subur di Gunung Kidul, dan sebagai penutup hari anda dapat menyaksikan matahari terbenam di puncak gunung ini.

  • Goa Pindul

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk berwisata ke tempat yang cukup ekstrim seperti goa Pindul ini, pasalnya goa ini terbentuk dari sungai bawah tanah yang mengalir dari Sungai Oyo, sungai yang sama yang mengalir melintasi ngarai di Sri Gethuk Air Terjun. Rasakan kegelapan total yang ditawarkan oleh goa dan sungai ini, yang memang terasa membutakan mata, namun secara tidak langsung mampu meningkatkan sensitivitas indera.

  • Goa Kalisuci Tubing

Bila sebelumnya anda sudah pernah berkunjung ke Goa Pindul, maka goa yang satu ini dapat anda jadikan sebagai pilihan alternatif lainnya. Aliran sungai yang ada di dalam goa Kalisuci Tubing ini akan bermuara di Pantai Baron. Secara karakteristik, Goa Pindul dan Goa Kalisuci Tubing memiliki karakter yang serupa.

  • Goa Jomblang

Bila kedua goa sebelumnya, dirasa belum terlalu ekstrim, maka anda dapat mencoba berwisata ke goa vertikal nan unik ini. Karena merupakan goa vertikal, maka untuk menjelajahi goa yang dikenal dengan nama Goa Jomblang ini, anda harus menuruni goa dengan menggunakan tali hingga kedalaman puluhan meter. Setelah berada di bawah, maka anda akan disambut dengan hamparan hutan kuno yang mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *