Beberapa Gangguan Tidur Yang Sering Dirasakan

Gangguan tidur pastinya akan sangat menjengkelkan, karena jika anda tidak merasakan istirahat yang cukup akan berpengaruh pada hari yang anda akan jalani. Gangguan tidur yang terkenal adalah insomnia atau yang menyebabkan penderita tidak bisa tidur bahkan selama berhari hari lamanya. Ternyata gangguan tidur tidak hanya insomnia melainkan beberapa lainnya. Yuk kita simak.

beberapa-gangguan-tidur-yang-sering-dirasakanKelainan Ritme Circadian
Kelainan ritme circadian adalah gangguan tidur yang berhubungan dengan jam tidur alami kita yang dikontrol oleh jam alami yang berada di salah satu bagian otak kita. Gangguan ritme tidur ini contohnya adalah karena jetlag yang menukar waktu istirahat kita dan waktu terjaga kita, atau bisa juga karena bekerja yang menggunakan sistem shift.

Mengorok
Mengorok ternyata adalah salah satu gangguan tidur. Penyebab utamanya adalah gangguan pada rongga pernafasan yang terhalang missal oleh membrane pada kerongkongan. Mengorok yang kondisinya semakin memburuk dapat menyebabkan gangguan tidur lainya yakni Sleeping Apnea.

Sleeping Apnea
Apnea adalah gangguan tidur dimana lubang nafas bagian atas tertutup sebagian atau bahkan tertutup sepenuhnya sehingga selama tidur kita bernafas menggunakan mulut. Hal ini sering dihubungkan dengan tekanan darah tinggi yang juga berhubungan erat dengan stroke ataupun serangan jantung.

Bagaimana? Ternyata gangguan tidur tidak dapat disepelekan bukan? Salah satu cara untuk menghindarinya tentu saja dengan pola hidup sehat, tidur teratur dan olahraga.