Bahayanya Kita tidak Sarapan

Seberapa penting sih sarapan di pagi hari untuk kita? Jika selama ini kita sering melewatkan sarapan di pagi hari, sebaiknya untuk sekarang ini, harus mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Sebuah hasil penelitian medis yang sudah dilakukan mengungkapkan, melewatkan sarapan pagi bisa menimbulkan risiko obesitas, penyakit jantung serta diabetes. Para ahli jantung yang ada di Amerika Serikat menyampaikan himbauan, tentang pentingnya konsumsi sarapan di pagi hari.

Lembaga American Heart Association mengungkapkan, sepertiga dari manusia dewasa yang melewatkan sarapan, lalu memakan makanan ringan sepanjang harinya, merupakan suatu pola makan yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan berbahaya kemudian hari.

Seperti yang diungkapkan Victoria Taylor, seorang ahli diet British Heart Foundation, menyebutkan bahwa ketika seseorang melewatkan waktu sarapannya, cenderung dia makan lebih banyak untuk sepanjang hari. Hal ini akan mempengaruhi risiko dari penyakit jantung.

“Mereka yang tak sarapan di pagi hari, nantinya memiliki pola makan yang tak teratur. Mereka cenderung makan sepanjang hari namun porsi lebih banyak dan hal ini akan berisiko sebabkan penyakit jantung,” menurutnya.

Penelitian lain juga menunjukkan, orang-orang yang memang biasanya melewatkan sarapan mempunyai 27 persen peningkatan dari risiko serangan jantung, dan 18 persen lebih potensial mengalami stroke.

Orang-orang melewatkan waktu sarapan di pagi lebih cenderung jadi gemuk dan ada kecenderungan mengidap penyakit diabetes, sebab ketika mereka tidak sarapan malah membuat rasa lapar yang mengharuskan makan sepanjang hari tanpa adanya kontrol.

Jadi sempatkan sedikit waktu untuk sarapan, supaya kesehatan dan pola makan kita tidak terganggu sepanjang harinya.