Bagaimana Memilih Anti Glare untuk Monitor

Anti glare merupakan lapisan di monitor yang berguna mengurangi pantulan cahaya dari monitor. Pantulan cahaya bisa sangat mengganggu mata pengguna juga mengurangi kontras, warna serta ketajaman monitor. Zaman sekarang ini, mayoritas monitor baik berjenis LCD/LED telah dilengkapi dengan anti glare. Namun ada 2 macam anti-glare. Manakah yang cocok? Ini dia cara Bagaimana Memilih Anti Glare untuk monitor.

1. MATTE

Memilih Anti Glare, Anti glare dengan jenis matte dilengkapi lapisan kasar yang dapat mencegah terjadinya sebuah pantulan cahaya eksternal di monitor. Meski terdengar cukup efektif, anti glare tipe ini juga bisa mencegah pantulan cahaya yang internal (dari monitor) jadi gambar yang muncul bisa berkurang ketajamannya, bahkan sedikit buram.

2. LAPISAN KIMIA

Memilih Anti Glare, Anti glare dengan lapisan kimia melapisi monitor dengan fungsi mencegah pantulan dari cahaya eksternal. Tipe ini jauh lebih bagus untuk hal ketajaman gambar. Namun demikian, anti glare tipe ini tidak sanggup mengurangi prosentase pantulan sebesar anti glare yang matte.

Lantas, untuk Memilih Anti Glare yang mana yang cocok untuk kita? Semua kembali lagi pada penggunaan. Bila komputer dipakai di lingkungan perumahan, pilihlah yang bertipe anti glare berlapis kimiawi sebab di lingkungan rumah kita bisa mengontrol adanya pencahayaan.

Bila komputer dipakai pada lingkungan yang bercahaya kuat (misalnya di kantor, maupun di tempat terbuka), maka untuk anti glare matte merupakan pilihan yang tepat. Jadi, sebelum kita membeli LCD/LED, tanyakan lebih dulu pada penjual tentang jenis anti glare yang disertakan di monitor itu.