Bagaimana Cara Menghindari Hutang

Kita hidup pada zaman yang penuh akan kecanggihan dari teknologi. Pada zaman yang mana kebanyakan orang menggunakan ponsel, biaya telepon jadi akan membengkak, belum lagi adanya biaya benda-benda elektronik yang lain, tiap bulan dapat menghabiskan jutaan rupiah.

Meski selama ini untuk hal keuangan umumnya ada peribahasa “besar pasak daripada tiang,” tapi akhir-akhir ini tampaknya jadi lebih parah. Kartu kredit yang memungkinkan orang beli barang lebih banyak dibanding penghasilannya. Tentu saja tak ada salahnya jika menginginkan barang dan kita memakai kartu kredit.

Namun bila kita hanya bertindak mengikuti perasaan yang seperti itu maka kita ada dalam bahaya. Jadi lebih baik kita tahu dulu Cara Menghindari Hutang, agar tidak semakin berlarut dan menumpuk.

Cara Menghindari Hutang pertama Perhatikan apakah barang akan kita beli itu sesuai dengan anggaran dari belanja kita. Jika tidak, tundalah lalu rencanakan membelinya di waktu depan. Bahkan jika tampaknya makan waktu lama sebelum dapat membelinya, kita bisa terhindar dari hutang memusingkan. Tidak salah kita ingin membeli satu set meja makan. Namun kita harus menabung dahulu setiap bulan supaya dapat membelinya.

Cara Menghindari Hutang dengan meminta nasihat. Bergaul dengan orang yang mampu menabung uangnya. Tanyakan apa saja rahasianya, siapa tahu mau memberi nasihat. Bertanya pada orang tua maupun kakek nenek kita yang sudah bisa dibilang makan asam garam dengan cara mengatur keuangan.

Ingatlah peribahasa “sedikit demi sedikit menjadi bukit. Jadi salah satu Cara Menghindari Hutang ” Kita ingin beli mobil baru, namun pikirkan baik-baik, apakah kita membutuhkan mobil baru? Apa lebih murah jika membetulkan mobil lama saja?