Apa Itu Buta Warna Parsial?

apa-itu-buta-warna-parsialButa warna adalah kondisi dimana seseorang memiliki kekurangan penglihatan atas warna. Sumber permasalahan dari kondisi ini adalah adanya masalah dengan pigmen reseptor warna pada mata sehingga mata tidak mampu mengenali warna tertentu.

Namun ternyata buta warna itu tidak lantas orang hanya bisa melihat warna hitam putih saja seperti televisi jaman dahulu, melainkan ada juga buta warna parsial yakni buta warna sebagian.

Terdapat beberapa jenis buta warna parsial yang ada, yakni yang paling umum adalah buta warna merah – hijau dimana pria lebih memiliki kecenderungan untuk memilikinya dibandingkan wanita.

Artinya adalah penderita tidak mampu melihat warna merah dan hijau yang kemudian berganti dengan warna lain seperti merah jadi hitam sehingga tidak bisa melewati tes buta warna.

Buta warna parsial lainnya adalah buta warna biru – kuning yang jarang terjadi dimana ini berhubungan dnegan kromosom kelamin.

Penyebab buta warna parsial ada banyak seperti faktor genetika dari orang tua, namun ada juga buta warna yang diakibatkan oleh konsumsi obat tertentu. Gangguan kesehatan lainnya juga bisa mengakibatkan buta warna, sedangkan untuk penyebab lainnya bisa karena usia, bahan kimia, dll.

Untuk mengetahui apakah anda buta warna atau tidak anda bisa mengetesnya dengan beberapa tes seperti tes Ishihara dan Tes penyusunan di klinik mata atau layanankesehatan seperti puskesmas.