Alasan Smartphone Lokal Lebih Murah, Kenapa Ya?

Pasti anda pernah atau sering mendengar istilah pocon atau handphone Cina. Atau bahasa yang lebih halusnya adalah ponsel lokal. Ponsel ponsel tersebut umumnya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan merk merk besar lainnya.

Ponsel ponsel ini juga berpengaruh pada harga smartphone lokal yang juga ikut ikutan lebih murah. Meskipun, mulai banyak merk lokal yang mulai menjual produknya dengan harga yang tinggi. Berikut beberapa alasan smartphone lokal lebih murah.

Bahan Dasar

Meskipun bukan menjadi sesuatu yang pasti, namun banyak yang mengira alasan smartphone lokal lebih murah karena bahan dasarnya yang lebih murah. Meskipun demikian, bukan berarti kualitas atau ketahanannya lebih rendah.

Prosesor

Prosesor menjadi alasan smartphone lokal lebih murah. Umumnya smartphone menggunakan prosesor Qualcomm atau Mediatek. Smartphone lokal biasanya menggunakan prosesor Mediatek yang lebih terjangkau harganya sehingga menurunkan biaya produksi.

Desain

Desain menjadi alasan smartphone lokal lebih murah harga jualnya. Alasannya, karena smartphine lokal biasanya tidak memiliki tim pengembang desain selengkap pabrikan pabrikan besar sehingga hasilnya smartphone mereka terlihat mirip dengan smarrphone merk mahal.

Strategi Pasar

Alasan smartphone lokal lebih murah tentu saja juga merupakan strategi pasar. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan nama terlebih dahulu karena smartphone lokal harus melawan raksasa raksasa teknologi yang lain.