Alasan Kunci Sidik Jari Smartphone Bukan yang Paling Aman

Fingerprint scan atau pemindai sidik jari adalah salah satu fitur yang sedang populer di jajaran smartphone terbaru. Meskipun demikian, banyak perusahaan di bidang keamanan menyarankan untuk tidak terlalu bergantung pada pemindai sidik jari tersebut. Setidaknya anda perlu memiliki tambahan password untuk membuka smartphone anda. Berikut alasan kunci sidik jari smartphone bukan yang paling aman.

1. Diaktifkan ketika tak sadarkan diri

Menggunakan perlindungan kunci sidik jari smartphone bisa sangat berbahaya apabila orang yang mengincar anda. Selama anda tidak sadar, peretas mampu menggunakan jemari tangannya untuk melakukan pembobolan.

2. Mudah dirusak

Panel pemindai kunci sidik jari smartphone kebanyakan berada di tombol home atau di bagian belakang smartphone. Tanpa perlindungan password huruf atau angka hal ini akan menjadi fatal apabila panel pemindai dirusak dengan cara digesek dengan benda yang lebih keras dan kebanyakan tidak akan bertahan dengan kondisi tergesek tersebut.

3. Mudah dicuri

Layaknya film spionase, sidik jari kita bisa dicuri bahkan dengan foto yang mengarahkan dua jari ke arah kamera. Hal ini juga semakin dipermudah dengan kualitas kamera yang semakin baik sehingga bisa menampilkan detail tak terkecuali sidik jari seseorang. Oleh karena itu jangan terlalu mengandalkan kunci sidik jari smartphone anda, setidaknya lakukan pencegagan kedua dengan menambah password angka atau huruf.