5 Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

minyak ikanMemang sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa minyak ikan sangat berdampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungan asam lemak omega3 yang tinggi di dalam minyak ikan adalah alasan utama yang menyebabkan minyak ikan sangat berguna bagi tubuh manusia. Biasanya, kualitas minyak ikan sangat bergantung pada jenis ikan yang diambil minyaknya, ada beberapa jenis ikan yang lazim diambil minyaknya yaitu, tuna sirip kuning, herring, makarel, sarden dan salmon. Nah, bila ada diantara anda masih ada yang belum tau apa saja manfaat minyak ikan bagi kesehatan tubuh manusia, berikut ini ada beberapa manfaat minyak ikan yang perlu anda ketahui :

  • Kesehatan jantung

Omega 3 terbukti cukup efektif untuk kesehatan jantung, dan karena minyak ikan adalah sumber dari asam lemak omega 3 maka bisa dipastikan bila anda mengkonsumsi minyak ikan secara teratur maka hal tersebut dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung bahkan resiko serangan jantung mendadak, karena minyak ikan dapat mengurangi jumlah trigliserida yang berlebihan. Selain itu, minyak ikan juga dapat menurunkan LDL (kolesterol buruk) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik)

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh, sehingga tubuh anda tak akan mudah terkena virus, apalagi di saat pertahanan tubuh sedang lemah.

  • Mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan tubuh

Bagi penderita peradangan kronis, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi secara rutin kapsul minyak ikan.

  • Membantu pengobatan Alzheimer

Minyak ikan adalah salah satu sumber asam lemak essential, termasuk EPA dan DHA sehingga dapat membantu pengobatan Alzheimer

  • Mencegah kanker

Dengan mengkonsumsi minyak ikan secara rutin, maka anda juga dapat mencegah resiko terkena kanker, sejauh ini, konsumsi minyak ikan cukup efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara, prostat dan usus besar, hal tersebut disebabkan karena omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan dapat menjaga sel-sel normal dari mutasi menjadi tumor, selain itu omega 3 juga mampu mengendalikan pertumbuhan sel yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *