5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Wanita

daun sirihDaun sirih dibagi atas 2 varietas yaitu sirih hijau dan sirih merah, kedua varietas tersebut memiliki khasiat yang sangat bagus khususnya untuk kesehatan wanita, sehingga tak mengherankan bila para ibu-ibu biasanya mulai mencoba membudidayakan tanaman yang kaya akan manfaat ini. Namun, biasanya daun sirih yang lebih dikenal bermanfaat untuk kesehatan wanita adalah tanaman daun sirih hijau, sedangkan daun sirih merah biasanya lebih sering digunakan untuk membantu pengobatan penyakit kronis. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan wanita :

Mengatasi keputihan

Biasanya sebelum dan sesudah menstruasi, wanita akan mengalami keputihan. Meskipun termasuk hal yang wajar, namun bila keputihan yang anda alami termasuk jenis keputihan patologis maka jenis tersebut adalah keputihan yang tidak normal. Gejala keputihan patologis atau yang tidak normal dapat dilihat dari warna dan baunya. Oleh sebab itu, diperlukan daun sirih untuk mengobatinya, karena daun sirih bersifat antiseptik yang mampu mengatasi kuman serta jamur di dalam vagina. Untuk membuat ramuan daun sirih yang digunakan untuk mengatasi keputihan pun caranya tidak terlalu rumit, anda hanya perlu merebus 5 lembar daun sirih dalam 250 ml air bersih, dan bila air rebusan sudah cukup hangat maka gunakan air tersebut untuk membersihkan organ intim anda

Mengatasi rasa gatal pada organ intim

Rasa gatal yang sangat mengganggu di bagian organ intim dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari bakteri, jamur, lembab dan lain sebagainya. Untuk meredakan rasa gatal, hindari untuk menggaruk bagian organ intim anda, sebab hal tersebut malah akan membuat vagina iritasi. Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan cara yang sama seperti yang dilakukan untuk mengatasi keputihan.

Melancarkan menstruasi

Zat Tannin yang terkandung dalam daun sirih dapat membantu untuk melancarkan menstruasi, oleh sebab itu bagi anda yang kurang teratur siklus haidnya maka dapat meminum air rebusan daun sirih dua kali sehari. Selain untuk melancarkan menstruasi, anda juga dapat terhindar dari kram selama menstruasi.

Menghilangkan jerawat

Air rebusan daun sirih juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan jerawat, khususnya bagi anda yang kulit wajahnya berminyak. Yang perlu anda lakukan adalah mengoleskan air rebusan daun sirih secara teratur setidaknya dua kali sehari

Mencegah kanker

Air rebusan daun sirih ternyata juga dapat mencegah timbulnya sel kanker pada tubuh, karena daun sirih juga memiliki anti oksidan yang cukup banyak, namun lebih baik anda menggunakan air rebusan daun sirih merah, sebab kandungan anti oksidannya lebih tinggi daripada daun sirih hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *