5 Manfaat Daun Kemangi untuk Kulit dan Rambut

daun kemangiBagi masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Pulau Jawa, daun kemangi sudah cukup lazim ditemukan di atas meja makan, sebab biasanya daun yang memiliki ciri khas aromanya yang wangi itu sering dijadikan sebagai sayuran pendamping yang tak perlu dimasak atau lebih dikenal dengan sebutan lalapan. Meskipun rasanya agak getir namun daun kemangi ini cukup segar untuk dimakan, selain itu tentu saja daun kemangi juga berkhasiat untuk kesehatan. Namun, ternyata daun kemangi bukan hanya berdampak baik bagi kesehatan tubuh, namun juga kesehatan kulit dan rambut. Tak percaya? Berikut ini ada beberapa manfaat daun kemangi untuk kulit dan rambut :

  • Mencegah timbulnya jerawat

Salah satu manfaat yang terkandung dalam daun kemangi adalah memurnikan darah serta membuang racun, oleh sebab itu daun kemangi dapat berperan sebagai pencegah jerawat.

  • Mencegah timbulnya komedo

Selain mencegah jerawat, anda juga dapat mencegah timbulnya komedo dengan menggunakan daun kemangi. Caranya tempatkan sisi bagian atas daun kemangi pada setiap sisi hidung selama 5 menit, kemudian lepas dan cuci muka.

  • Mengobati infeksi kulit

Karena bersifat anti bakteri dan juga anti jamur, maka daun kemangi juga dapat digunakan untuk membantu mengobati infeksi kulit khususnya yang disebabkan oleh bakteri E Coli dan B anthracis. Untuk mengobati infeksi kulit, anda dapat menggiling 200-250 gram daun kemangi serta minyak biji wijen, kemudian rebus hasil gilingan tersebut dan aplikasikan pada kulit yang gatal. Selain itu, daun kemangi yang dicampur dengan jus lemon juga berguna untuk membantu pengobatan kurap.

  • Mencegah rambut agar tidak cepat beruban

Untuk mencegah rambut agar tidak cepat beruban, anda dapat mencuci rambut dengan air rendaman daun kemangi kering serta bubuk amla yang telah direndam selama semalaman.

  • Mencegah rambut rontok

Untuk mencegah kerontokkan rambut, anda dapat menambahkan pasta kemangi ke dalam minyak rambut, agar terserap oleh kulir kepala sehingga bagian kulit kepala selalu dingin. Selain itu, pasta kemangi yang dicampur dengan minyak rambut dapat juga mengurangi rasa gatal, dan meningkatkan sirkulasi udara pada kulit kepala, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *