5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

pepayaTidak hanya enak untuk dikonsumsi, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, kali ini kita tidak akan membahas mengenai manfaat buah pepaya untuk kesehatan secara general, melainkan lebih spesifik, yakni mengenai manfaat buah pepaya untuk kesehatan ibu hamil. Kira-kira apa saja manfaat buah pepaya yang dapat diserap oleh ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya? Simak ulasan lengkapnya, berikut ini :

  • Melancarkan pencernaan

Ibu hamil seringkali mengalami sembelit, karena biasanya proses pencenaan protein saat hamil cukup terganggu. Nah, oleh sebab itu peran pepaya cukup penting saat terjadi sembelit pada ibu hamil, karena seperti yang kita tahu buah ini kaya akan serat dan juga enzim papain yang mampu membantu mempercepat proses pencernaan protein.

  • Menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil dan sehat

Hampir sama dengan jenis-jenis buah lainnya, yang kaya akan vitamin termasuk vitamin C, buah pepaya pun demikian. Oleh sebab itu pepaya mampu membantu menjaga kondisi ibu hamil agar tetap stabil dan tidak mudah terserang penyakit, seperti flu dan infeksi.

  • Membantu menjaga tekanan darah

Selain mengandung vitamin dan serat, buah pepaya juga mengandung zat bernama kalium, yang fungsinya untuk mengkontrol proses natrium, sehingga mampu membantu menjaga tekanan darah ibu hamil

  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Selain vitamin C yang mampu membantu menjaga kondisi ibu hamil agar tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit, ada juga zat lainnya yang juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil, yaitu betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

  • Membantu proses pembentukan organ penglihatan janin yang sedang dikandung

Buah pepaya juga mengandung vitamin A, oleh sebab itu mengkonsumsi buah ini secara rutin juga dapat membantu proses pembentukan organ penglihatan janin, sehingga bayi yang terlahir akan memiliki mata yang sehat.

Tapi perlu diingat, bahwa manfaat-manfaat tersebut hanya akan dapat didapatkan dari pepaya yang benar-benar matang, sebab sangat berbahaya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi pepaya yang masih muda (mengkal) karena pepaya muda masih mengandung getah yang cukup banyak, dan apabila getah tersebut sampai dicerna, maka akan menimbulkan beragam masalah, mulai dari kontraksi, bayi terlahir prematur atau bahkan yang paling buruk akan mengakibatkan keguguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *