5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan oleh Para Pendaki Gunung Pemula

pendaki gunungIndonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan keindahan alam yang sangat luar biasa, mulai dari pantai, hutan, danau hingga keindahan alam bawah laut serta keindahan yang dapat dilihat dari puncak pegunungan. Ya, puncak gunung tidak hanya menawarkan keindahan yang memukau untuk dilihat, namun juga membuat seseorang tertantang untuk menaklukkannya, oleh sebab itu kegiatan mendaki gunung cukup digemari oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang memiliki jiwa berpetualang yang tinggi. Bila anda tertarik untuk naik gunung dan baru akan memulai melakukan kegiatan mendaki gunung, maka ada beberapa hal penting yang sebaiknya anda perhatikan sebagai pendaki gunung pemula, seperti berikut ini :

  • Pelajari jalur lokasi yang akan didaki

Sebelum melakukan pendakian gunung sebaiknya anda benar-benar sudah mengetahui medan yang akan anda daki tersebut, termasuk jalur perjalanannya, kondisi dari medan yang akan didaki, kondisi cuaca yang mungkin akan terjadi di lokasi yanng akan didaki dan lain sebagainya. Anda dapat mencari tahu mengenai beragam informasi tersebut lewat internet, namun akan lebih baik lagi bila ada salah satu orang dari rombongan anda yang memang sudah paham akan jalur dan medan pendakian tersebut.

  • Persiapan fisik dan mental

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menguras tenaga oleh sebab itu persiapan fisik perlu dilakukan sebelum mendaki, dengan cara berolahraga secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar tubuh anda tidak kaget saat harus berjuang keras menuju ke puncak gunung.

  • Persiapkan perlengkapan dengan cermat

Ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa oleh setiap pendaki gunung, diantaranya seperti tas carrier, sepatu hiking, jas hujan, jaket, alat masak portabel, senter, kompas, tenda, sleeping bag, pisau lipat dan peralatan P3K.

  • Bawa perbekalan yang cukup

Siapkan bahan logistik (bekal) yang cukup untuk mendaki, pilih bahan logistik yang mudah diolah tapi cukup mengandung kalori, seperti beras, mie instan, makanan kaleng serta bawa juga makanan ringan seperti biskuit, roti dan cokelat agar dapat dijadikan sebagai pengisi tenaga sembari mendaki gunung. Jangan lupa pula untuk membawa cadangan air yang cukup.

  • Sebelum melakukan pendakian jangan lupa mendaftar di pos pendakian

Hal ini cukup penting, agar petugas tahu bahwa rombongan anda sedang mendaki gunung, jadi bila sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diharapkan, maka petugas dapat membantu anda, selain itu saat kembali dari puncak gunung jangan lupa pula melapor lagi ke pos pendakian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *