5 Energi Alternatif yang Berguna untuk Manusia

energi alternatifPenggunaan energi alternatif memang sudah seharusnya segera dilakukan, sebab hal tersebut akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak bumi, yang semakin hari harganya semakin naik karena pasokan minyak tersebut semakin menipis padahal permintaan setiap negara di dunia ini semakin banyak/ Selain itu, penggunaan energi alternatif juga dapat mengurangi efek pencemaran lingkungan. Nah, bila saat ini anda masih bertanya-tanya, kira-kira apa saja sumber energi alternatif yang dapat digunakan manusia, maka berikut ini, ada beberapa ulasan singkat mengenai hal tersebut yang perlu anda ketahui :

Gas Alam

Gas alam baru dapat digunakan setelah dilakukan proses kompres agar wujudnya dapat berubah menjadi cair. Meskipun masih menghasilkan gas rumah kacam ketika dilakukan pembakaran, namun setidaknya gas alam masih lebih bersih bila dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti bensin atau solar.

Tenaga Air

Air yang digunakan sebagai pembangkit listrik sepertinya memang merupakan salah satu sumber energi alternatif yang paling populer dan paling ramah lingkungan, pasalnya tenaga air yang digunakan sebagai pembangkit listrik tidak menimbulkan limbah.

Tenaga Matahari

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, maka sangat memungkinkan bila tenaga surya dapat pula dijadikan sebagai pembangkit listrik, apalagi perkembangan teknologi kini memungkinkan pula membuat sel surya semakin ringan, dan lebih efisien.

Tenaga Angin

Tenaga angin juga cukup umum digunakan sebagai pembangkit listrik, dengan menggunakan putaran turbin angin, maka energi yang berasal dari angin tersebut diubah menjadi listrik, bahkan tercatat ada sekitar 1.5 persen pasokan listrik di seluruh dunia yang berasal dari tenaga angin, persentase tersebut tentunya akan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tenaga Nuklir

Reaksi nuklir tentunya dapat digunakan sebagai sumber energi alternatif yang berpotensi sangat besar, namun yang pasti reaksi nuklir tersebut harus terkendali, sebab bila tidak malah akan membahayakan manusia. Reaksi yang juga dikenal dengan sebutan reaksi fisi itu dapat menghasilkan panas yang berguna untuk menguapkan air, selanjutnya uap air tersebut berfungsi untuk menggerakkan generator agar dapat menghasilkan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *