3 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut RontokBagi sebagian besar wanita, rambut bagaikan sebuah mahkota. Oleh sebab itu, selain wajah biasanya mereka akan memberi perhatian khusus pada perawatan rambut, apalagi bila mereka mengalami kerontokan rambut. Sebenarnya, kerontokan rambut merupakan hal yang wajar, pasalnya pertumbuhan rambut terbagi dalam 3 fase, yaitu pertumbuhan, istirahat dan kerontokan.

Rambut yang rontok itu juga sebenarnya akan kembali tumbuh, hal tersebut disebabkan karena rambut yang rontok hanya terputus hingga ke bagian umbinya saja, dan setelah itu bagian bibit rambut sudah menyiapkan kembali rambut baru pengganti dari rambut yang rontok itu. Meskipun demikian, rambut harus tetap dirawat agar pertumbuhan rambut semakin cepat dan rambut yang tumbuh tersebut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Seperti yang kita tahu, kini telah banyak produk perawatan rambut yang dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut, namun meskipun lebih praktis sayangnya tidak setiap orang dapat membelinya, karena biasanya produk tersebut harganya relatif mahal. Nah, bila anda saat ini sedang mengalami kerontokan rambut parah, namun tidak memiliki dana berlebih untuk membeli produk perawatan rambut, maka berikut ini ada 3 cara mengatasi rambut rontok parah secara alami dan tradisional :

1. Lidah Buaya

Tanaman ini memang sangat dikenal sebagai salah satu bahan alami yang mampu merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan membuat rambut yang tumbuh tersebut menjadi lebih kuat. Oleh karena khasiat yang dimilikinya ini, membuat tanaman ini tergolong sebagai tanaman paling jitu untuk mengatasi kerontokan rambut.

Cara penggunaan lidah buaya untuk kesehatan rambut pun cukup mudah, anda hanya tinggal membasahi rambut, kemudian patahkan bagian tengah lidah buaya yang sudah dicuci bersih, lalu pencet agar lendirnya keluar, dan usapkan lendir lidah buaya dari akar hingga ujung rambut. Ketika mengusapkan lendir lidah buaya pada rambut, anda dapat sesekali memijat kulit kepala. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu secara rutin.

2. Teh Hijau

Selain lidah buaya, teh hijau dapat juga digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara penggunaan teh hijau untuk mengatasi masalah ini pun tak terlalu rumit, anda hanya perlu membuat teh panas kemudian tunggu hingga dingin. Bila sudah dingin, baru balurkan air teh hijau pada rambut, diamkan setidaknya selama 1 jam kemudian bilas dengan shampoo dan air.

3. Kemiri

Selain membuat rambut terlihat lebih hitam berkilau, ternyata minyak kemiri juga mampu menguatkan akar rambut dan juga merangsang rambut lebih cepat tumbuh. Meskipun cara penggunaanya agak sedikit rumit, sebab anda harus menumbuk kemiri kemudian menyangrainya dan menumbuknya kembali hingga halus dan menghasilkan minyak yang nantinya akan dioleskan pada rambut, namun menggunakan kemiri merupakan salah satu cara paling efektif agar rambut anda lebih sehat dan berkilau. Bila anda memutuskan untuk menggunakan cara ini, jangan lupa setelah mengoleskan minyak kemiri pada rambut, anda harus mencuci rambut dengan shampoo hingga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *